Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Haji Uma Terjun Kelokasi, Akses Jalan di Tutup Warga

DUNIAPOTRET.COM | Aceh Utara, Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau akrap disapa Haji Uma turun langsung ke lokasi pemblokiran jalan karena rusak parah oleh warga Gampong Cot Matahe Mbang, kecamatan Geurudong Pasee, kabupaten Aceh Utara, Rabu (3/8/2022).

Dilokasi H Uma langsung menemui warga dan memanggil unsur muspika kecamatan Geurudong Pasee untuk bermusyawarah langsung dilokasi terkait pemblokiran jalan.

Dalam musyawarah dilokasi itu, H. Uma meminta agar blokade jalan di geser dan berharap warga tertib.

Kunjungan H Uma sendiri merupakan tindak lanjut dari pertemuan koordinasi sebelumnya di Makodim 0103 Aceh Utara yang dihadiri unsur tokoh masyarakat dan aparatur Desa terkait, serta Kapolsek dan Camat dari 3 Kecamatan, Senin (1/8/2022).

"Kunjungan ke lokasi ini menindaklanjuti hasil rapat koordinasi di Makodim Aceh Utara Senin kemarin. Dilokasi tadi kita juga melakukan rapat dengan warga yang dihadiri camat dan Kapolsek. Hasil rapat, kita minta agar blokade jalan digeser dan warga bersikap tertib," Ungkap H. Uma.

Kata H. Uma, terdapat poin kesepakatan bersama saat pertemuan di Makodim Senin lalu yang belum tersampaikan secara utuh, baik kepada warga maupun pemilik tambang dan supir truk pengangkut pasir dan batu yang melintas jalan tersebut.

Untuk implementasi nya H Uma, meminta Geusyiek untuk membuat plang informasi di simpang jalan Cot Matahe dan penyebaran selebaran keputusan bersama oleh camat agar pengemudi truk tahu. Sehingga tidak lagi bentrok dilapangan.

Selain itu, H. Uma juga memantau langsung kegiatan galian C di Geurudong Pasee, di dampingi Camat dan Polsek Geurudong Pasee dan Polsek Syamtalira Bayu.

Hasilnya, H Uma banyak menemukan banyak tambang galian C tidak memiliki izin. Alasan dari pemilik tambang kerena mahalnya biaya pengurusan izin menjadi alasan tidak dilakukan pengurusan. 

"Saat saya mengkonfirmasi langsung ke instansi terkait dibanda Aceh untuk mendapatkan informasi tentang pengurusan izin tambang galian C, Ternyata tidak ada pungutan apapun dalam pengurusan surat izin. Bahkan saat ini prosesnya tidak mesti datang ke kantor tapi bisa mengurus izin secara online,"tutupnya.

(Reporter : Arif Firdaus) 

Post a Comment for "Haji Uma Terjun Kelokasi, Akses Jalan di Tutup Warga"