Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Acheh Future Kecewa, Pemerintah Aceh Kurangi Kuota Bea Santri Tahun 2023

Duniapotret.com | Aceh Timur, Kebijakan Pemerintah Aceh mengurangi dan batasi kuota bea santri anak yatim piatu pada tahun 2023, menuai keprihatinan sejumlah pihak. kebijakan tersebut terkesan Pemerintah Aceh tidak adil dan kurang peduli terhadap nasib santri. Terutama santri yang berstatus anak yatim piatu yang butuh perhatian pemerintah. 13 September 2022.

Diketahui, pada tahun 2023, pihak Pemerintah Aceh melalui Surat Edaran Dinas Pendidikan Dayah Aceh pada 8 September nomor 451.44/533/ 2022, tentang permintaan data santri yatim piatu, 

Jumlah kuota bea santri anak yatim piatu sebanyak 2,748 untuk seluruh dayah yang ada di Aceh.  

Pembagian kuota berdasarkan tipe  Dayah tahun 2023, tipe A+ 40 santri, tipe A  20  santri, tipe B 15 santri dan tipe C 10 sebanyak. sementara untuk NT(Non Tipe) 5 santri.

Menanggapi hal itu, Ketua LSM Acheh Future, Razali Yusuf, sangat kecewa atas kebijakan Pemerintah Aceh mengurangi jumlah kuota penerima bea santri anak yatim pada tahun 2023.

Seharusnya, Pemerintah Aceh jika pun tidak mampu menambah tapi jangan di kurangi, ujar Cekli sapaan akrab Razali Yusuf.

Menurut Cekli, akibat pengurangan dan pembatasan kuota bea santri, terkesan Pemerintah Aceh semakin kurang peduli terhadap  ribuan anak yatim yang sedang belajar ilmu agama  di dayah-dayah. 

Ini terkesan pemerintah Aceh semakin kurang memberikan perhatian terhadap anak-anak yatim yang belajar di dayah dayah, imbuhnya.

Padahal kata Cekli, selama ini penerima bantuan bea santri yang mondok di dayah di rasakan sangat bermanfaat dan cukup membantu meringankan beban mereka untuk memenuhi kebutuhan.

Selama ini sangat membantu dan bermanfaat bagi penerima bea santri yang mondok di dayah, bisa meringankan beban untuk memenuhi kebutuhan seperti kitab, sajadah, kain sarung dan kebutuhan lain nya, jelas Cekli.

Dengan di kurangi dan di batasi kuota ini sangat berdampak terhadap nasib mereka yang lagi giat-giat belajar menimba ilmu di dayah/pesantren. tutup Cekli.***

Post a Comment for "Acheh Future Kecewa, Pemerintah Aceh Kurangi Kuota Bea Santri Tahun 2023 "