Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Korkab P3MD Aceh Timur Nilai Program Desa Cerdas Sangat Bermanfaat Untuk Gampong

DUNIAPOTRET.COM | Jakarta,  Peluncuran program desa cerdas(smart village) oleh Kementrian Desa dan PDT merupakan sebuah terobosan dalam upaya penggunaan teknologi informasi berbasis internet di tingkat gampong.
Rabu 5 Oktober 2022

Untuk implementasi program tersebut pihak Kemendes dan PDT laksanakan pelatihan Master of Trainer(MoT) yang ikuti perwakilan UKE di lingkungan PDTT, Kemendagri, Kemenko PMK, 76 Dinas PMD lokus Desa Cerdas, 11 PTN dan PTS, 6 NGO serta 78 Korkab P3MD. sejak 28 sept-7 Oktober 2022 di sebuah hotel di Jakarta.

Yusmiadi Korkab P3MD Aceh Timur  salah satu peserta yang mengikuti MoT kepada media mengatakan program Desa Cerdas yang di luncurkan Kemendes PDT akan  bermanfaat terhadap Pemerintahan Desa, dalam upaya penggunaan teknologi dan informasi berbasis internet.

Sesuai perkembangan zaman, di mana  semua pelayanan publik dan informasi menggunakan sistem online, Maka pihak desa harus mempersiapkan sumber daya IT, ujar Abu Yus sapaan akrab Yusmiadi.

Menurut Abu Yus dirinya mengaku dapat mengikuti MoT merupaka  Sebuah kebanggaan dapat mengikuti MoT Smart Village ini, 

Kegiatan MoT ini menjadi bisa sarana bertukar pengalaman dengan teman-teman Korkab dan Dinas PMD dari provinsi lain, termasuk peserta yang berasal dari  NGO 

Selain menambah ilmu, mengasah ketrampilan dan juga dapat bersilahturahmi dengan sahabat Nusantara. kata Abu Yus.

Selanjut nya kata Abu Yus, materi pelatihan MoT ini akan di teruskan di daerah terutama di tingkat Pemerintah Desa.

Sebelum nya Menteri Desa dan PDT, Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa desa cerdas sangat dibutuhkan dalam upaya mempercepat capaian pembangunan desa berbasis SDGs Desa. 

Menurutnya dengan penggunaan teknologi informasi berbasis internet ini, perencanaan pembangunan desa berbasis data mikro akan lebih mudah dilakukan.

"Penggunaan teknologi informasi ini juga akan memudahkan proses pembangunan, mulai perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi pembangunan. Di sinilah letak penting pengembangan Desa Cerdas bagi pembangunan Indonesia yang berkelanjutan, termasuk untuk percepatan pencapaian tujuan-tujuan SDGs Desa," kata nya.

(Redaksi) 

Post a Comment for "Korkab P3MD Aceh Timur Nilai Program Desa Cerdas Sangat Bermanfaat Untuk Gampong"