Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khazanah Islami, Kerajaan Islam Pertama di Indonesia Bukan Samudera Pasai

Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph

DUNIAPOTRET.COM | ACEH - Memang beberapa teori mencatat bahwa objek perkembangan kerajaan Islam di Indonesia pertama kali yaitu ada di kalangan masyarakat Aceh.
Kerajaan Islam pertama kali di Indonesia dikenal dengan Kerajaan Samudera Pasai di Pantai Utara Aceh yang didirikan oleh Meurah Silu pada tahun 1267 M. Namun, sebenarnya ada kerajaan Islam yang berdiri sebelum itu, yaitu Kerajaan Perlak.

Kesultanan Perlak juga merupakan kerajaan Islam pertama di Asia Tenggara dan tertua di Indonesia. Kerajaan Perlak terletak di wilayah Perlak, Aceh Timur, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia.

Sejarah Kesultanan Perlak sebagai Kerajaan Islam Pertama Kali di Indonesia

Dikutip dari jurnal tahun 2022 bertajuk Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Hingga Lahirnya Kerajaan Islam di Aceh: Lembaga dan Tokohnya oleh Masruraini, dkk., dari UIN Alauddin Makassar, kerajaan Islam pertama kali di Indonesia adalah Kerajaan Perlak yang didirikan pada 1 Muharram 225 H atau 804 M.

Naskah Kuno yang Menjelaskan tentang Kesultanan Perlak

Raja pertama Kerajaan Perlak adalah Sultan Alauddin Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah. Menurut Hasjmy dalam Asfiati (2014) di jurnal yang sama, keterangan tersebut melandasi pendapatnya yang didasarkan pada naskah-naskah kuno, yaitu:

1. Kitab Idharul Haqq karya Abu Ishak Makarani al-Fasy.

2. Kitab Tazkirah Jumu Sulthan as-Salathin karangan Syekh Syamsul Bahri al-Asyi.

3. Kitab silsilah raja-raja Perlak dan Pasai.

Awal Kedatangan Rombongan Pendakwah Islam ke Perlak

Dalam sejarahnya, pada abad ke I Hijriah atau tahun 173 H/790 M, dicatat Khalifah Harun Al-Rasyid, Khalifah Bani 'Abbasiyah mengirimkan satu armada dakwah berjumlah 100 orang yang terdiri dari bangsa Arab, Parsi (sekarang Iran), dan India ke Bandar Peureulak.

Namun, dalam satu riwayat, sebelum tiba di Peureulak, mereka terlebih dahulu sebelumnya singgah di Barus, Sumatera Utara. Di mana wilayah itu terkenal dengan bandar dagangnya.

Rombongan dakwah tersebut dipanggil sebagai nakhoda Khalifah. Kedatangan mereka disambut baik oleh Maharaja Syahir Nuwi.

Berdirinya Kerajaan Islam di Aceh
Dari Peureulak atau Perlak, Islam tumbuh dan berkembang, sehingga melahirkan kerajaan Islam di wilayah Timur dan Barat Aceh, seperti Kerajaan Pasai, Pedir, Lingga, Daya dan Aceh Darussalam.

Di mana, kerajaan-kerajaan tersebut sukses menyatukan semua kerajaan di bawah pemimpin besar Ali Mughayat Syah, Sultan pertama Kesultanan Aceh yang memerintah 1511-1530 M.

Merujuk pada naskah klasik, sebagai catatan dari Abu Ishak al-Makarani berjudul risalah Idharul Haq fi Mamlakati Ferla wa al-Fasi, naskah Tazkirat Tabaqat Jumu' Sultan al-Salatin karya Syekh Syamsul Bahri Abdullah al-Asyi, dan silsilah raja-raja Perlak dan Pasai, umumnya ahli seperti Ali Hasjmy berpendapat bahwa kesultanan Perlak akan ditegaskan sebagai satu kerajaan Islam ternama dan tertua di Nusantara-Asia Tenggara, yang pernah dipimpin oleh 20 orang raja.

Asal Usul Istilah Peureulak/Perlak
Sejatinya, istilah Peureulak atau Perlak asalnya dari nama dari pohon kayu, yang biasa digunakan untuk dibuat perahu oleh para nelayan. Di mana, masyarakat Aceh menyebutnya sebagai Bak Peureulak.

Sementara dalam bahasa Iran, Peureulak disebut sebagai Taj Alam, yang artinya mahkota alam. Selain itu, ada juga sumber yang menyebutkan bahwa Islam sebelum didakwahkan di Peureulak awalnya datang/menapak di Barus (wilayah yang pernah menjadi wilayah kekuasaan Aceh), lalu baru ke Perlak.

Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia

Adanya komunitas muslim di daerah di Indonesia (Nusantara) mendorong pembentukan kerajaan Islam, mulai dari Perlak dan Samudera Pasai di Aceh.

Kemudian, di pulau Jawa berdiri Kerajaan Islam Demak, Pajang, Mataram. Di wilayah Sulawesi berdiri Kerajaan Gowa, Tallo, dan Bone. Sementara di wilayah Maluku berdiri Kerajaan Ternate dan Tidore.

Berdirinya kerajaan Islam di Nusantara tersebut, menjadi pembuka fase era perkembangan Islam berikutnya yaitu fase perkembangan Islam dan politik.

Nah, sekarang pembaca jadi tahu kan jawaban dari pertanyaan kerajaan Islam pertama kali di Indonesia yaitu Kerajaan Perlak. Semoga menambah wawasan tentang sejarah Islam di Nusantara.

Post a Comment for "Khazanah Islami, Kerajaan Islam Pertama di Indonesia Bukan Samudera Pasai"